Angry Birds Education: Cuaca dan iklim

welcome to my blog

Berbagi KEBAIKAN: "Barang siapa MENUNJUKKAN pada KEBAIKAN, maka baginya PAHALA seperti orang yang MELAKUKANnya." (H.R. Muslim)
ne blog khusus untuk belajar
kalau ada yang mau minta tlg ke gue,,n gue bs bantu,,insyallah akan gue bantu,,lu tinggl komen aja

Minggu, 25 Maret 2012

Cuaca dan iklim

A.  Pengertian Cuaca
Cuaca adalah keadaan udara pada saat tertentu dan di wilayah tertentu yang relatif sempit dan pada jangka waktu yang singkat. Cuaca itu terbentuk dari gabungan unsur cuaca dan jangka waktu cuaca bisa hanya beberapa jam saja. Ilmu yang mempelajari cuaca disebut meteorologi.
B. Pengertiaan Iklim
Iklim adalah keadaan rata-rata dari cuaca di suatu wilayah yang luas dan diperhitungkan dalam jangka waktu yang lama,antara 30 – 100 tahun.Factor-faktor yang mempengaruhi keadaan iklim antara lain suhu, kelembaban, curah hujan, angun dan penyinaran matahari.Ilmu yang mempelajari iklim adalah klimatologi.
Sedangkan iklim didefinisikan sebagai berikut :
• Sintesis kejadian cuaca selama kurun waktu yang panjang, yang secara statistik cukup dapat dipakai untuk menunjukkan nilai statistik yang berbeda dengan keadaan pada setiap saatnya (World Climate Conference, 1979).

• Konsep abstrak yang menyatakan kebiasaan cuaca dan unsur-unsur atmosfer disuatu daerah selama kurun waktu yang panjang (Glenn T. Trewartha, 1980).

• Peluang statistik berbagai keadaan atmosfer, antara lain suhu, tekanan, angin kelembaban, yang terjadi disuatu daerah selama kurun waktu yang panjang (Gibbs,1987).
Cuaca dan iklim merupakan dua kondisi yang hampir sama tetapi berbeda pengertian khususnya terhadap kurun waktu. Cuaca merupakan bentuk awal yang dihubungkan dengan penafsiran dan pengertian akan kondisi fisik udara sesaat pada suatu lokasi dan suatu waktu, sedangkan iklim merupakan kondisi lanjutan dan merupakan kumpulan dari kondisi cuaca yang kemudian disusun dan dihitung dalam bentuk rata-rata kondisi cuaca dalam kurun waktu tertentu

Pengertian iklim menurit para ahli yaitu :
Trewartha and Horn (1995)    : mengatakan bahwa iklim merupakan suatu konsep yang abstrak, dimana iklim merupakan komposit dari keadaan cuaca hari ke hari dan elemen-elemen atmosfer di dalam suatu kawasan tertentu dalam jangka waktu yang panjang. Iklim bukan hanya sekedar cuaca rata-rata, karena tidak ada konsep iklim yang cukup memadai tanpa ada apresiasi atas perubahan cuaca harian dan perubahan cuaca musiman serta suksesi episode cuaca yang ditimbulkan oleh gangguan atmosfer yang bersifat selalu berubah, meski dalam studi tentang iklim penekanan diberikan pada nilai rata-rata, namun penyimpangan, variasi dan keadaan atau nilai-nilai yang ekstrim juga mempunyai arti penting.
Trenberth, Houghton and Filho (1995) : mendefinisikan perubahan iklim sebagai perubahan pada iklim yang dipengaruhi langsung atau tidak langsung oleh aktivitas manusia yang merubah komposisi atmosfer yang akan memperbesar keragaman iklim teramati pada periode yang cukup panjang. Menurut Effendy (2001) salah satu akibat dari penyimpangan iklim adalah terjadinya fenomena El-Nino dan La-Nina. Fenomena El-Nino akan menyebabkan penurunan jumlah curah hujan jauh di bawah normal untuk beberapa daerah di Indonesia. Kondisi sebaliknya terjadi pada saat fenomena La-nina berlangsung.
Menurut Winarso (2003)  :  berdasarkan kajian dan pantauan dibidang iklim siklus cuaca dan iklim terpanjang adalah 30 tahun dan terpendek adalah10 tahun dimana kondisi ini dapat menunjukkan kondisi baku yang umumnya akan berguna untuk menentukan kondisi iklim per dekade. Penyimpangan iklim mungkin akan, sedang atau telah terjadi bila dilihat lebih jauh dari kondisi cuaca dan iklim yang terjadi saat ini.
C. Unsur-Unsur Cuaca
 Ada beberapa unsur yang mempengaruhi cuaca dan iklim, yaitu
1.Suhu Udara  : Suhu udara adalah keadaan panas atau dinginnya udara. Alat untuk mengukur suhu udara atau derajat panas disebut thermometer. Biasanya pengukuran dinyatakan dalam skala Celcius (C), Reamur (R), dan Fahrenheit (F).
Berdasarkan hasil pengukuran suhu udara yang disajikan oleh intansi ,keadaan udara di Indonesia eapat disimpulkan sebagai berikut :
1.temperatur udara harian dipantai cukup tinggi.
2.Amplitudo harian relatif kecil (selisih temperatur udara tinggi dan terendah dalam waktu satu hari ).
3.Amplitudo harian relatif kecil.
2.Tekanan udara
Besarnya tekanan udara dapat diukur dengan barometer .Barometer air raksa suikar dibawa kemana – mana dibandingkan dengan barometer aneroid .Berdasarkan kenyataan diatas ,barometer dapat dipakai untuk mengukur tinggi tampat diatas permukaan laut.Barometer aneroid yang digunakan untuk mengukur tinggi tempat.
3.Kelembahan Udara
Kelembahan udara adalah banyaknya kandungan uap air yang terdapat si udara .Kelembaban udara dapat diukur dengan higrometer.
Kelembaban nisbi adalah bilangan dalam persentase yang menunjukan perbandingan antara uap air yang ada dalam udara dan jumlah uap air setinggi – tingginya yang dapat di tampung oleh udara itu..
Ada tiga  macam kelembaban udara:
1) Kelembaban udara absolut, ialah banyaknya uap air yang terdapat di udara pada suatu tempat. Dinyatakan dengan banyaknya gram uap air dalam 1 m³ udara.
2) Kelembaban udara relatif, ialah perbandingan jumlah uap air dalam udara dengan jumlah maksimum uap air yang dapat dikandung udara pada temperatur yang dinyatakan dengan persen.


3).  Kelembaban spesifik
            Kelembaban spesifik adalah berat uap air per satuan berat udara (termasuk berat uap airnya )yang umumnya dinyatakan dalam gram air per kilogram udara.
4.Angin
            Menurut Hukum Buys Ballot,angin adalah udara yang bergerak dari daerah bertekanan udara maksimum kedaerah bertekanan udara minimum.
5.Penyinaran Matahari
            Penyinaran matahari adalah penerimaan energi matahari oleh permukaan bumi dalam bentuk sinar – sinar gelombang pendek yang menerobos atmosfer.
Banyaknya panas matahari yang diterima dipengaruhi oleh :
1.Besarnya sudut datang sinar matahari .
2.Lama penyinaran matahari .
3.Jenis tanah atau benda yang disinari oleh matahari .
4.Keadaan awan pada waktu penyinaraan .
6.Curah Hujan
Curah hujan yaitu jumlah air hujan yang turun pada suatu daerah dalam waktu tertentu. Alat untuk mengukur banyaknya curah hujan disebut Rain gauge. Curah hujan diukur dalam harian, bulanan, dan tahunan.  Hujan ialah peristiwa sampainya air dalam bentuk cair maupun padat yang dicurahkan dari atmosfer ke permukaan bumi. Garis pada peta yang menghubungkan tempat-tempat yang mempunyai curah hujan yang sama disebut Isohyet.
Klasifikasi hujan .Alat pengukur hujan adalah ombrometer.

D.Alat Pengukur Cuaca / Iklim dan Cara Kerjanya
            Ada beberapa alat untuk mengukur cuaca yaitu sbb:
                        1.Termometer Dinding
                        2.Termometer Maksimum – Minimum
                        3.Termometer  Bola  Basah – Bola Kering.
                        4.Barometer Aneroid
                        5.Altimeter
                        6.Anometer
                        7.Higrometer
                        8.Ombrometer
                        9.Ph Meter
                        10.Alat Bantu  PenunjukArah Angin.
E.Manfaat Iklim dan Cuaca dalam Kehidupan.
                        Ada beberapa manfaat iklim dan cuaca yaitu :
a)      Manfaat iklim dan cuaca di bidang partanian
b)      Manfaat iklim dan cuaca di bidang teknologi
c)      Manfaat iklim dan cuaca di bidang pariwisata.

3 komentar: