Sekolah : ..................................
Kelas : VIII
Mata
Pelajaran : IPA
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai
sistem dalam kehidupan manusia
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
1.1 Menganalisis
pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
|
Pertumbuhan dan
Perkembangan
|
o
Melakukan Studi
pustaka untuk mendapatkan informasi tentang konsep pertumbuhan dan
perkembangan
o
Mencari
informasi melalui nara
sumber (ahli tumbuhan, ahli peternakan, petani, peternak) tentang
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
o Mengamati
melalui gambar/video proses metamorfosis dan perkembangan embrio pada ikan.
o Melakukan
percobaan n pertumbuhan pada macam-macam tumbuhan berdasarkan titik tumbuhnya
|
w Menyebutkan
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
w Menyimpulkan perbedaan
pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup
w Membandingkan
metamorfosis dan perkembangan embrio ikan menjadi ikan dewasa
w Membuat laporan hasil
percobaan pertumbuhan pada macam-macam tumbuhan berdasarkan titik tumbuhnya
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes Unjuk Kerja
|
Tes Uraian
Tes uraian
Isian
Uji Petik Kerja Produk
|
Tuliskan 4 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada
makhluk hidup!
Deskripsikan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup !
Perubahan bentuk tubuh dari berudu hingga menjadi katak dewasa disebut
....
Deskripsikan pertumbuhan pada kacang hijau berdasarkan titik tumbuhnya!
|
4 x 40’
|
Buku siswa, carta metamorfosis dan metagenesis, video pertumbuhan dan
perkembangan
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
1.2 Mendeskripsikan tahapan
perkembangan manusia
|
Perkembangan manusia
|
o Melihat gambar dan/atau
tayangan perkembangan manusia
o Mengkaji pustaka
tentang karakteristik setiap tahapan perkembangan manusia
o Mencari informasi
melalui nara sumber/ahli medis/Posyandu tentang perkembangan balita.
|
w Mendeskripsikan tahapan
perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa
w Menjelaskan perbedaan
karakteristik setiap tahapan perkembangan manusia
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes isian
Uraian
|
Seorang manusia yang memiliki ciri baru mulai pandai berjalan
,diprediksikan berumur . . .
Kemukakan dua ciri fisik pada setiap tahap perkembangan manusia mulai
dari bayi, anak-anak, remaja, sampai dewasa
!
|
4 x 40’
|
Buku siswa, carta, video perkembangan manusia
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
1.3 Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia
dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Gerak pada manusia
|
·
Mengidentifikasi macam organ penyusun sistem gerak pada
manusia
·
Studi pustaka tentang anatomi dan fungsi tulang, otot,
dan sendi
·
Studi pustaka dan/ atau melihat tayangan video tentang
kelainan dan penyakityang berkaitan dengan tulang dan otot
|
·
Membandingkan
macam organ penyusun sistem gerak pada manusia
·
Membedakan
fungsi tulang rawan, tulang keras, otot, dan sendi sebagai penyususn rangka
tubuh
·
Mengidentifikasi
macam sendi dan fungsinya
·
Mendata contoh
kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa
dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Penugasan
|
Tes PG
Tes isian
Tes identifikasi
Tugas rumah
|
Zat yang membedakan antara tulang rawan dan tulang keras adalah ....
Berdasarkan 4 gambar persendian berikut ini sebutkan 3 gambar yang termasuk
sendi gerak !
Buatlah klipping tentang kelainan dan penyakit yang berhubungan dengan
tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
4 x 40’
|
Buku siswa, video sistem gerak, carta sistem gerak
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
1.4 Mendeskripsikan sistem pencernaan pada
manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem Pencernaan pada manusia
|
·
Mengidentifikasi macam organ penyusun sistem pencernaan
pada manusia
·
Studi pustaka tentang jenis makanan berdasarkan
kandungan zat yang ada di dalamnya
·
Melakukan percobaan tentang kandungan zat yang ada di
dalamnya (Uji makanan)
·
Studi kepustakaan untuk merumuskan pengertian
pencernaan mekanik dan kimia
·
Studi pustaka dan/ atau melihat tayangan video tentang
kelainan dan penyakit yang berkaitan
dengan sistem pencernaan
|
·
Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar
pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia
·
Mendeskripsikan jenis makanan berdasar kandungan zat
yang ada di dalamnya
·
Membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi,
·
Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem
pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya
mengatasinya
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes PG
Tes uraian
Tes isian
Tes lisan
|
Bahan makanan yang mengandung lemak diubah menjadi asam lemak dan
gliserol oleh ....
a. lambung
c. hati
b. pangkreas
d. usus
Sebutkan 3 contoh jenis makanan yang kandungan zatnya berupa karbohidra!
Hal yang membedakan pencernaan mekanik dan kimia adalah ....
Berikan dua contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernakan!
Bagaimana cara mengatasi diare karena infeksi kuman!
|
4 x 40’
|
Buku siswa, video sistem pencernaan, alat praktikum uji makanan
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
1.5 Mendeskripsikan sistem pernapasan pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan.
|
Sistem Pernapasan pada manusia
|
·
Mengidentifikasi macam organ penyusun sistem pernapasan
pada manusia
·
Melihat gambar dan/ atau video tentang proses ekspirasi
dan inspirasi pada proses pernapasan
·
Studi pustaka dan/ atau melihat tayangan video tentang
kelainan dan penyakit yang berkaitan
dengan sistem pernapasan
|
·
Membandingkan
macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia
·
Membandingkan
proses inspirasi dan ekspirasi pada proses pernapasan
·
Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem
pernapasan yang biasa dijumpai dalam
kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
|
Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
|
Tes PG
Tes uraian
Tugas rumah
|
Pertukaran udara secara difusi dilakukan pada ....
a. alveulus
b. Bronkus
c. tracea
d. polmo
Buatlah tabel perbedaan proses inspirasi dengan ekspirasi
Buatlah daftar nama kelainan dan daftar nama penyakit yang berhungan
dengan sistem pernapasan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
4 x 40’
|
Buku siswa, video sistem pernapasan, carta sistem pernapasan
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
1.6 Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada
manusia dan hubungannya dengan kesehatan
|
Sistem peredaran darah pada manusia
|
·
Mengidentifikasi macam organ penyusun sistem peredaran
darah pada manusia
·
Studi pustaka fungsi jantung, pembuluh darah, dan darah
·
Melihat carta dan/atau tayangan tentang peredaran darah
manusia
·
Studi pustaka dan/ atau melihat tayangan video tentang
kelainan dan penyakit yang berkaitan
dengan sistem peredaran darah
|
·
Membandingkan
macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia
·
Menjelaskan
fungsi jantung, fungsi pembuluh darah dan darah dalam sistem peredaran darah
·
Mendata contoh
penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang biasa dijumpai
dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
|
Tes PG
Tes uraian
Tugas rumah
|
Fungsi darah putih ....
a. mengangkut oksigen
b. mengangkut sari makanan
c. membunuh kuman
d. membawa karbondioksida
Deskripsikan susunan darah manusia !
Buatlah daftar nama penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran
darah yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
4 x 40’
|
Buku siswa, video sistem peredaran darah dan carta sistem peredaran darah
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ..................................
Kelas : VIII
Mata
Pelajaran : IPA
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sistem dalam
kehidupan tumbuhan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
2.1 Mengidentifikasi struktur
dan fungsi jaringan tumbuhan
|
Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
|
· Mengamati struktur
jaringan pada tumbuhan dengan menggunakan mikroskop
· Mengidentifikasi letak
epidermis, kortek dan stele dengan menggunakan carta struktur tubuh tumbuhan
|
·
Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan di akar,
batang dan daun
·
Menunjukkan
letak epidermis, korteks, dan stele pada tumbuhan
·
Menjelaskan
fungsi jaringan tertentu yang dijumpai pada tubuh tumbuhan
|
Tes tulis
Tes Unjuk kerja
Tes tulis
|
Tes PG
Tes identifikasi
Tes uraian
|
Yang berfungsi mengangkut hasil fotositesis adalah ....
a. Xilem
c. Stomata
b. Floem
d.Lenti sel
Berdasarkan carta struktur akar berikut ini, tunjukkanlah letak kortek
dan letak epidermis
Deskripsikan fungsi jaringan meristem pada bagian ujung akar
|
4 x 40’
|
Buku siswa, mikroskop, preparat jadi, dan carta struktur tubuh tumbuhan
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
2.2 Mendeskripsikan proses
perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau
|
Fotosintesis
|
· Studi pustaka untuk
merumuskan tentang konsep fotosintesis dan transformasi energi
· Melakukan percobaan
proses fotosintesis
· Mencari informasi
tentang faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis
|
·
Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam
fotosintesis
·
Melakukan dan
membuat laporan hasil percobaan fotosintesis
·
Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi
fotosintesis
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
Tes tulis
|
Tes PG
Uji petik kerja produk
Tes uraian
|
Bagian daun yang melakukan foto sintesis adalah ....
a. plastida
c .lenti sel
b. stomata d.kortex
Deskripsikan makna perubahan warna pada daun setelah ditetesi yodium
Sebutkan 2 faktor yang mempengaruhi pproses fotosintesis
|
4 x 40’
|
Buku siswa, alat praktikum percobaan fotosintesis
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
2..3 Mengidentifikasi
macam-macam gerak pada tumbuhan
|
Gerak Tumbuhan
|
· Studi pustaka
untuk merumuskan macam-macam gerak pada tumbuhan
· Mengidentifikasi
berbagai macam gerak pada tumbuhan disekitar lingkungan
· Melakukan percobaan
gerak tropisme dan nasti
|
·
Mendeskripsikan macam-macam gerak pada tumbuhan
·
Menjelaskan perbedaan gerak tropisme dengan gerak
nasti
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes PG
Tes isian
|
Tumbuhnya akar ke bawah merupakan gerak ....
a. geotropis
c. Nasti
b. pototropis
d. tropis
Hal yang membedakan gerak tropisme dengan gerak nasti
yaitu ....
|
3 x 40’
|
Buku siswa, LKS
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
2.4 Mengidentifikasi hama dan penyakit pada
organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
Hama dan penyakit pada tumbuhan
|
· Studi pustaka untuk
merumuskan konsep hama dan penyakit
· Melihat carta, gambar
dan/atau tayangan video tentang contoh-contoh hama dan penyakit pada tumbuhan
|
·
Menjelaskan perbedaan hama dan penyakit
·
Mendata contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan
yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
|
Tes tulis
Penugasan
|
Tes uraian
Tugas proyek
|
Deskripsikan perbedaan hama dan penyakit
Lakukanlah wawancara dengan nara sumber (petani) tentang hama penyakit
tanaman dan membuat laporannya
|
2 x 40’
|
Buku siswa, Carta, video
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ..................................
Kelas : VIII
Mata
Pelajaran : IPA
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan konsep partikel
materi
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
3.1 Menjelaskan konsep atom,
ion, dan molekul
|
Atom, ion dan molekul
|
· Studi pustaka tentang
atom, ion dan molekul
· Mengidentufikasi contoh
materi yang terdiri atas ion-ion
|
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes PG
|
Deskripsikan pengertian atom, ion
dan molekul
|
2 x 40’
|
Buku siswa, referensi
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
3.2
Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan
produk kimia sehari-hari
|
Hubungan atom,ion dan molekul dengan produk kimia
|
· Studi pustaka tentang
hubungan atom, ion dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
· Membaca isi kemasan
produk kimia untuk memperoleh komponen penyusunnya
|
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
Deskripsikan hubungan atom, ion dan molekul
Sebutkan komponen yang menyusun air accu
|
2 x 40’
|
Buku siswa, referensi
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
3..3 Membandi-ngkan molekul unsur dan molekul
senyawa
|
Perbandingan molekul unsur dan molekul senyawa
|
·
Mengamati gambar perbedaan molekul unsur dengan molekul
senyawa
·
Studi pustaka contoh-contoh molekul sederhana dalam
kehidupan sehari-hari
|
·
Menjelaskan dengan simbol perbedaan
antara molekul unsur .
·
Menunjukkan beberapa contoh molekul sederhana dalam kehidupan
sehari-hari.
|
Tes tulis
Penugasan
|
Uraian
Tugas rumah
|
Kemukakan dengan menggunakan dengan simbol perbedaan antara molekul unsur
Buatlah daftar contoh molekul sederhana yang dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari
|
2 x 40’
|
Buku siswa, referensi
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Sekolah : ..................................
Kelas : VIII
Mata
Pelajaran : IPA
Semester : 1 (satu)
Standar Kompetensi : 4. Memahami kegunaan bahan
kimia dalam kehidupan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok/
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
||||||
4.1Mencari
informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan
sehari-hari
|
Kimia Rumah Tangga
|
·
Mendata bahan
kimia alami pada kemasan produk kebutuhan rumah tangga dan
mengklasifikasikannya sesuai dengan kegunaannya
·
Studi pustaka
untuk mendapatkan informasi tentang bahan-bahan kimia yang berguna dalam
produk kebutuhan rumah tangga
· Mencari informasi
melalui referensi/nara sumber tentang efek samping bahan kimia yang terdapat
pada produk kebutuhan rumah tangga
|
· Menyebutkan
bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.
· Menjelaskan efek
samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes isian
|
Sebutkan bahan kimia yang sering digunakan dalam pembuatan makanan dan
minuman !
Efek samping bahan pemutih pakaian menyebabkan ....
|
2 x 40’
|
Buku siswa, referensi, kemasan suatu produk
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
4.2 Mengkom-unikasi-kan informasi
tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia
|
Kegunaan dan efek samping bahan kimia
|
· Studi pustaka efek
samping bahan kimia
· Menelaah kemasan suatu
produk untuk mendapatkan informasi tentang efek samping bahan kimia yang
digunakannya
|
·
Mengidentifikasi fungsi bahan kimia
yang terdapat dalam makanan
·
Mengidentifikasi efek samping bahan
kimia yang terdapat dalam suatu produk
|
Tes tulis
Tes unjuk kerja
|
Tes PG
Tes identifikasi
|
Tentukan efek samping bahan kimia yang terdapat pada kemasan makanan
berikut ini!
|
2 x 40’
|
Buku siswa, referensi, kemasan suatu produk
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
4..3 Mendeskri-psikan bahan kimia alami dan bahan kimia
buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan
|
Bahan kimia alami dan buatan
|
· Mencari informasi
melalui referensi tentang bahan kimia alami dan bahan kimia buatan
· Mendata berbagai jenis
makanan yang menggunakan bahan kimia alami
· Mendata berbagai jenis makanan yang
menggunakan bahan kimia buatan
|
·
Menjelaskan bahan-bahan kimia alami
dan bahan-bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna,
pemanis, pengawet dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan kemasan
·
Menunjukkan contoh makanan yang
menggunakan bahan kimia alami dan buatan
|
Tes tulis
Penugasan
|
Uraian
Tugas rumah
|
Jelaskan bahan-bahan kimia alami dan bahan-bahan kimia buatan yang dapat
digunakan sebagai bahan pewarna, pemanis, pengawet dan penyedap yang terdapat
dalam bahan makanan kemasan!
Kumpulkan kemasan makanan yang mencantumkan komponen penyusunnya. Buat
laporan tentang bahan kimia alami dan buatan yang ada pada makanan tersebut!
|
4 x 40’
|
Buku siswa, referensi
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
4.4 Mendeskri-psikan sifat/pengaruh zat adiktif
dan psikotropika
|
Zat adiktif dan psikotropika
|
· Studi pustaka tentang
pengertian zat adiktif dan psikotropika
· Mendata contoh zat
adiktif
· Mendata contoh zat
psikotropika
· Mencari informasi dari
nara sumber tentang dampak negatif penggunaan zat adiktif dan psikotropika
|
· Menjelaskan pengertian zat adiktif dan psikotropika
· Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman
keras) dan psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial.
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Tes uraian
Tes uraian
|
Apa yang dimaksud dengan :
a. Zat adiktif
b. Zat psikotropika
Jelaskan dampak negatif rokok dan minuman keras bagi kesehatan manusia !
|
2 x 40’
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
||||||||
4.5 Menghinda-rkan diri dari pengaruh zat
adiktif dan psikotropika
|
Cara menghindari diri dari pengaruh zat akditif dan psikotropika
|
· Mencari informasi dari
nara sumber tentang cara menghindari diri dari pengaruh zat adiktif dan
psikotropika
|
·
Menjelaskan cara menghindarkan diri
dari zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika.
·
Mendata zat adiktif dan psikotropika yang digunakan di bidang
kesehatan
·
|
Tes tulis
Penugasan
|
Tes uraian
Tugas rumah
|
Bagaimanakah cara kita terhindar dari zat adiktif dan psikotropika?
Jelaskan
Buatlah data tentang zat-zat
adiktif dan psikotropika yang digunakan dalam bidang kesehatan
|
2 x 40’
|
|
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................
( …………………………………. )
NIP/NIK :
.....................................
|
|
……………, ……………… 20 ….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam
( …………………………………. )
NIP/NIK :
.....................................
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar