Angry Birds Education: RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

welcome to my blog

Berbagi KEBAIKAN: "Barang siapa MENUNJUKKAN pada KEBAIKAN, maka baginya PAHALA seperti orang yang MELAKUKANnya." (H.R. Muslim)
ne blog khusus untuk belajar
kalau ada yang mau minta tlg ke gue,,n gue bs bantu,,insyallah akan gue bantu,,lu tinggl komen aja

Jumat, 16 November 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                       :  SMP ..............
Mata Pelajaran            :  IPA Terpadu
Kelas / Semester          :  VIII / I
Alokasi waktu             :  4 X 40 menit ( 2x pertemuan )

Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.2.
Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia.

A.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan tahapan-tahapan perkembangan pada manusia.

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.  Materi Pembelajaran
      Tahapan-tahapan perkembangan pada manusia.

C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                  :  Pembelajaran kontekstual
      2.  Metode                         :  Diskusi, informasi, dan observasi
      3.  Model Pembelajaran    :  Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.




D.  Langkah-langkah Pembelajaran

PERTEMUAN PERTAMA DAN KEDUA
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Bagaimana perkembangan anak laki-laki dan anak perempuan ?
                  2)  Apa perbedaannya ?

                  b.  Pengetahuan Prasyarat
                        Siswa telah mampu memahami perkembangan pada beberapa hewan

      2.  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat menjelaskan tahapan-tahapan perkembangan pada manusia
F Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyelesaikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F Guru memberi tugas rumah.
     
E.  Media Pembelajaran
      Tabel 1.1.

F.  Sumber Pembelajaran
      1.  Buku IPA Terpadu penerbit tiga serangkai dari hal.26 sampai hal.31
      2.  Buku IPA yang sesuai.
      3.  Siswa dan Guru.

G.  Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
w  Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa

w  Menjelaskan perbedaan karakteristik setiap tahapan perkembangan manusia

Tes tulis






Tes tulis
Tes isian






Uraian
Seorang manusia yang memiliki ciri baru mulai pandai berjalan, diprediksikan berumur . . .


Kemukakan dua ciri fisik pada setiap tahap perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, sampai dewasa !
                                               
Mengetahui,
Kepala SMP ……………




(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




(_______________________)
NIP/NIK :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar