Angry Birds Education: November 2012

welcome to my blog

Berbagi KEBAIKAN: "Barang siapa MENUNJUKKAN pada KEBAIKAN, maka baginya PAHALA seperti orang yang MELAKUKANnya." (H.R. Muslim)
ne blog khusus untuk belajar
kalau ada yang mau minta tlg ke gue,,n gue bs bantu,,insyallah akan gue bantu,,lu tinggl komen aja

Jumat, 16 November 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )

Sekolah                       :  SMP ..............
Mata Pelajaran            :  IPA Terpadu
Kelas / Semester          :  VIII / I
Alokasi waktu             :  4 X 40 menit ( 2x pertemuan )

Standar Kompetensi 1.
Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia.
Kompetensi Dasar 1.2.
Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia.

A.  Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan tahapan-tahapan perkembangan pada manusia.

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B.  Materi Pembelajaran
      Tahapan-tahapan perkembangan pada manusia.

C.  Metode Pembelajaran
      1.  Pendekatan                  :  Pembelajaran kontekstual
      2.  Metode                         :  Diskusi, informasi, dan observasi
      3.  Model Pembelajaran    :  Pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif.




D.  Langkah-langkah Pembelajaran

PERTEMUAN PERTAMA DAN KEDUA
      1.  Kegiatan Pendahuluan
            a.  Motivasi
                  1)  Bagaimana perkembangan anak laki-laki dan anak perempuan ?
                  2)  Apa perbedaannya ?

                  b.  Pengetahuan Prasyarat
                        Siswa telah mampu memahami perkembangan pada beberapa hewan

      2.  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Siswa dapat menjelaskan tahapan-tahapan perkembangan pada manusia
F Melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F Menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F Memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F Melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F Memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.

§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F Memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F Memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F Memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø  Berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø  Membantu menyelesaikan masalah;
Ø  Memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø  Memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø  Memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.

3. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F Bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F Melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F Merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik;
F Guru memberi tugas rumah.
     
E.  Media Pembelajaran
      Tabel 1.1.

F.  Sumber Pembelajaran
      1.  Buku IPA Terpadu penerbit tiga serangkai dari hal.26 sampai hal.31
      2.  Buku IPA yang sesuai.
      3.  Siswa dan Guru.

G.  Penilaian
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
w  Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa

w  Menjelaskan perbedaan karakteristik setiap tahapan perkembangan manusia

Tes tulis






Tes tulis
Tes isian






Uraian
Seorang manusia yang memiliki ciri baru mulai pandai berjalan, diprediksikan berumur . . .


Kemukakan dua ciri fisik pada setiap tahap perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, sampai dewasa !
                                               
Mengetahui,
Kepala SMP ……………




(__________________________)
NIP/NIK :

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam




(_______________________)
NIP/NIK :

SILABUS PEMBELAJARAN

Sekolah                                 :   ..................................

Kelas                                     :   VIII
Mata Pelajaran                  :   IPA
Semester                               :   1 (satu)
Standar Kompetensi : 1. Memahami berbagai sistem dalam kehidupan manusia


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
1.1 Menganalisis pentingnya pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup

Pertumbuhan dan Perkembangan
o   Melakukan Studi pustaka untuk mendapatkan informasi tentang konsep pertumbuhan dan perkembangan

o   Mencari informasi melalui nara sumber (ahli tumbuhan, ahli peternakan, petani, peternak) tentang faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup

o   Mengamati melalui gambar/video proses metamorfosis dan perkembangan embrio pada ikan.
o   Melakukan percobaan n pertumbuhan pada macam-macam tumbuhan berdasarkan titik tumbuhnya
w  Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup

w  Menyimpulkan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup



w  Membandingkan metamorfosis dan perkembangan embrio ikan menjadi ikan dewasa

w  Membuat laporan hasil percobaan pertumbuhan pada macam-macam tumbuhan berdasarkan titik tumbuhnya
Tes tulis






Tes tulis






Tes tulis




Tes Unjuk Kerja
Tes Uraian






Tes uraian






Isian




Uji Petik Kerja Produk
Tuliskan 4 faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup!

Deskripsikan perbedaan pertumbuhan dan perkembangan pada makhluk hidup !

Perubahan bentuk tubuh dari berudu hingga menjadi katak dewasa disebut ....

Deskripsikan pertumbuhan pada kacang hijau berdasarkan titik tumbuhnya!

4 x 40’
Buku siswa, carta metamorfosis dan metagenesis, video pertumbuhan dan perkembangan
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
1.2 Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia

Perkembangan manusia
o   Melihat gambar dan/atau tayangan perkembangan manusia


o   Mengkaji pustaka tentang karakteristik setiap tahapan perkembangan manusia
o   Mencari informasi melalui nara sumber/ahli medis/Posyandu tentang perkembangan balita.

w  Mendeskripsikan tahapan perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, dan dewasa

w  Menjelaskan perbedaan karakteristik setiap tahapan perkembangan manusia


Tes tulis




Tes tulis
Tes isian




Uraian
Seorang manusia yang memiliki ciri baru mulai pandai berjalan ,diprediksikan berumur . . .


Kemukakan dua ciri fisik pada setiap tahap perkembangan manusia mulai dari bayi, anak-anak, remaja, sampai dewasa
!
4 x 40’
Buku siswa, carta, video perkembangan manusia
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
1.3  Mendeskripsikan sistem gerak pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan


Sistem Gerak pada manusia
·         Mengidentifikasi macam organ penyusun sistem gerak pada manusia
·         Studi pustaka tentang anatomi dan fungsi tulang, otot, dan sendi
·         Studi pustaka dan/ atau melihat tayangan video tentang kelainan dan penyakityang berkaitan dengan tulang dan otot
·        Membandingkan macam organ penyusun sistem gerak pada manusia
·        Membedakan fungsi tulang rawan, tulang keras, otot, dan sendi sebagai penyususn rangka tubuh

·        Mengidentifikasi macam sendi dan fungsinya


·         Mendata contoh kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
Tes tulis


Tes tulis




Tes unjuk kerja


Penugasan
Tes PG


Tes isian




Tes identifikasi


Tugas rumah
Zat yang membedakan antara tulang rawan dan tulang keras adalah ....


Berdasarkan 4 gambar persendian berikut ini sebutkan 3 gambar yang termasuk sendi gerak !

Buatlah klipping tentang kelainan dan penyakit yang berhubungan dengan tulang dan otot yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
4 x 40’
Buku siswa, video sistem gerak, carta sistem gerak
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
1.4  Mendeskripsikan sistem pencernaan pada manusia dan dan hubungannya dengan kesehatan

Sistem Pencernaan pada manusia
·         Mengidentifikasi macam organ penyusun sistem pencernaan pada manusia
·         Studi pustaka tentang jenis makanan berdasarkan kandungan zat yang ada di dalamnya
·         Melakukan percobaan tentang kandungan zat yang ada di dalamnya (Uji makanan)
·         Studi kepustakaan untuk merumuskan pengertian pencernaan mekanik dan kimia
·         Studi pustaka dan/ atau melihat tayangan video tentang kelainan dan penyakit  yang berkaitan dengan sistem pencernaan
·        Membedakan antara saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan sebagai penyusun sistem pencernaan pada manusia

·        Mendeskripsikan jenis makanan berdasar kandungan zat yang ada di dalamnya

·        Membandingkan pencernaan mekanik dan kimiawi,

·        Menyebutkan contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernaan yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
Tes tulis





Tes tulis



Tes tulis


Tes tulis
Tes PG





Tes uraian



Tes isian


Tes lisan
Bahan makanan yang mengandung lemak diubah menjadi asam lemak dan gliserol oleh ....
a. lambung          
c. hati
b. pangkreas         
d. usus

Sebutkan 3 contoh jenis makanan yang kandungan zatnya berupa karbohidra!

Hal yang membedakan pencernaan mekanik dan kimia adalah ....

Berikan dua contoh kelainan dan penyakit pada sistem pencernakan!

Bagaimana cara mengatasi diare karena infeksi kuman!
4 x 40’
Buku siswa, video sistem pencernaan, alat praktikum uji makanan
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
1.5  Mendeskripsikan sistem pernapasan pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan.



Sistem Pernapasan pada manusia
·         Mengidentifikasi macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia
·         Melihat gambar dan/ atau video tentang proses ekspirasi dan inspirasi pada proses pernapasan
·         Studi pustaka dan/ atau melihat tayangan video tentang kelainan dan penyakit  yang berkaitan dengan sistem pernapasan

·        Membandingkan macam organ penyusun sistem pernapasan pada manusia


·        Membandingkan proses inspirasi dan ekspirasi pada proses pernapasan
·        Mendata contoh kelainan dan penyakit pada sistem pernapasan  yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan upaya mengatasinya
Tes tulis




Tes tulis


Penugasan
Tes PG




Tes uraian


Tugas rumah
Pertukaran udara secara difusi dilakukan pada ....
a. alveulus       
b. Bronkus
c. tracea            
d. polmo

Buatlah tabel perbedaan proses inspirasi dengan ekspirasi

Buatlah daftar nama kelainan dan daftar nama penyakit yang berhungan dengan sistem pernapasan yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

4 x 40’
Buku siswa, video sistem pernapasan, carta sistem pernapasan
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
1.6  Mendeskripsikan sistem peredaran darah pada manusia dan hubungannya dengan kesehatan


Sistem peredaran darah pada manusia
·         Mengidentifikasi macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia
·         Studi pustaka fungsi jantung, pembuluh darah, dan darah
·         Melihat carta dan/atau tayangan tentang peredaran darah manusia
·         Studi pustaka dan/ atau melihat tayangan video tentang kelainan dan penyakit  yang berkaitan dengan sistem peredaran darah

·        Membandingkan macam organ penyusun sistem peredaran darah pada manusia



·        Menjelaskan fungsi jantung, fungsi pembuluh darah dan darah dalam sistem peredaran darah

·         Mendata contoh penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
Tes tulis






Tes tulis




Penugasan
Tes PG






Tes uraian




Tugas rumah
Fungsi darah putih ....
a. mengangkut oksigen
b. mengangkut sari makanan
c. membunuh kuman
d. membawa karbondioksida

Deskripsikan susunan darah manusia !


Buatlah daftar nama penyakit yang berhubungan dengan sistem peredaran darah yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
4 x 40’
Buku siswa, video sistem peredaran darah dan carta sistem peredaran darah
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)


SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                 :   ..................................
Kelas                                     :   VIII
Mata Pelajaran                  :   IPA
Semester                               :   1 (satu)
Standar Kompetensi : 2. Memahami sistem dalam kehidupan tumbuhan

Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
2.1 Mengidentifikasi struktur dan fungsi jaringan  tumbuhan


Struktur dan fungsi jaringan tumbuhan
·   Mengamati struktur jaringan pada tumbuhan dengan menggunakan mikroskop
·   Mengidentifikasi letak epidermis, kortek dan stele dengan menggunakan carta struktur tubuh tumbuhan


·        Menjelaskan struktur dan fungsi jaringan di akar, batang dan daun

·        Menunjukkan letak epidermis, korteks, dan stele pada tumbuhan

·        Menjelaskan fungsi jaringan tertentu yang dijumpai pada tubuh tumbuhan

Tes tulis



Tes Unjuk kerja


Tes tulis
Tes PG



Tes identifikasi


Tes uraian
Yang berfungsi mengangkut hasil fotositesis adalah ....
a. Xilem       
c. Stomata
b. Floem         
d.Lenti sel

Berdasarkan carta struktur akar berikut ini, tunjukkanlah letak kortek dan letak epidermis

Deskripsikan fungsi jaringan meristem pada bagian ujung akar
4 x 40’


















Buku siswa, mikroskop, preparat jadi, dan carta struktur tubuh tumbuhan
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
2.2 Mendeskripsikan proses perolehan nutrisi dan transformasi energi pada tumbuhan hijau


Fotosintesis
·   Studi pustaka untuk merumuskan tentang konsep fotosintesis dan transformasi energi
·   Melakukan percobaan proses fotosintesis
·   Mencari informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi proses fotosintesis
·        Menunjukkan bagian daun yang berperan dalam fotosintesis





·        Melakukan dan membuat laporan hasil percobaan fotosintesis

·        Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis



Tes tulis







Tes unjuk kerja


Tes tulis
Tes PG







Uji petik kerja produk

Tes uraian
Bagian daun yang melakukan foto sintesis adalah ....
a. plastida         
c .lenti sel
b. stomata          d.kortex

Deskripsikan makna perubahan warna pada daun setelah ditetesi yodium

Sebutkan 2 faktor yang mempengaruhi pproses fotosintesis
4 x 40’
Buku siswa, alat praktikum percobaan fotosintesis
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
2..3 Mengidentifikasi macam-macam gerak pada tumbuhan
Gerak Tumbuhan
·   Studi pustaka untuk merumuskan macam-macam gerak pada tumbuhan
·   Mengidentifikasi berbagai macam gerak pada tumbuhan disekitar lingkungan
·   Melakukan percobaan gerak tropisme dan nasti
·        Mendeskripsikan macam-macam gerak pada tumbuhan
·        Menjelaskan perbedaan gerak tropisme dengan gerak nasti
Tes tulis




Tes tulis
Tes PG




Tes isian

Tumbuhnya akar ke bawah merupakan gerak ....
a. geotropis     
c. Nasti
b. pototropis    
d. tropis

Hal yang membedakan gerak tropisme dengan gerak nasti
yaitu ....
3 x 40’
Buku siswa, LKS
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
2.4  Mengidentifikasi hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

Hama dan penyakit pada tumbuhan
·   Studi pustaka untuk merumuskan konsep hama dan penyakit
·   Melihat carta, gambar dan/atau tayangan video tentang contoh-contoh hama dan penyakit pada tumbuhan




·        Menjelaskan perbedaan hama dan penyakit

·        Mendata contoh hama dan penyakit pada organ tumbuhan yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari

Tes tulis


Penugasan
Tes uraian


Tugas proyek
Deskripsikan perbedaan hama dan penyakit

Lakukanlah wawancara dengan nara sumber (petani) tentang hama penyakit tanaman dan membuat laporannya
2 x 40’
Buku siswa, Carta, video
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)


SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                 :   ..................................
Kelas                                     :   VIII
Mata Pelajaran                  :   IPA
Semester                               :   1 (satu)
Standar Kompetensi : 3. Menjelaskan konsep partikel materi


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
3.1 Menjelaskan konsep atom, ion, dan molekul

Atom, ion dan molekul
·   Studi pustaka tentang atom, ion dan molekul
·   Mengidentufikasi contoh materi yang terdiri atas ion-ion
  • Mendefinisikan pengertian partikel materi (atom, ion, dan molekul).
  • Memberikan contoh materi tertentu yang terdiri atas ion-ion.

Tes tulis


Tes tulis
Tes uraian


Tes PG
Deskripsikan pengertian  atom, ion dan molekul



2 x 40’
Buku siswa, referensi
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
3.2    Menghubungkan konsep atom, ion, dan molekul dengan produk kimia sehari-hari

Hubungan atom,ion dan molekul dengan produk kimia
·   Studi pustaka tentang hubungan atom, ion dan molekul dengan produk kimia sehari-hari
·   Membaca isi kemasan produk kimia untuk memperoleh komponen penyusunnya

  • Menjelaskan hubungan atom, ion dan molekul
  • Mendeskripsikan komponen penyusun salah satu produk kimia
Tes tulis


Tes tulis

Tes uraian


Tes uraian
Deskripsikan hubungan atom, ion dan molekul

Sebutkan komponen yang menyusun air accu


2 x 40’
Buku siswa, referensi
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
3..3 Membandi-ngkan molekul unsur dan molekul senyawa


Perbandingan molekul unsur dan molekul senyawa
·   Mengamati gambar perbedaan molekul unsur dengan molekul senyawa
·   Studi pustaka contoh-contoh molekul sederhana dalam kehidupan sehari-hari
·         Menjelaskan dengan simbol perbedaan antara molekul unsur .
·         Menunjukkan beberapa contoh  molekul sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Tes tulis



Penugasan
Uraian



Tugas rumah
Kemukakan dengan menggunakan dengan simbol perbedaan antara molekul unsur

Buatlah daftar contoh molekul sederhana yang dijumpai dalam kehidupan sehari-hari
2 x 40’
Buku siswa, referensi
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

 


SILABUS PEMBELAJARAN


Sekolah                                 :   ..................................
Kelas                                     :   VIII
Mata Pelajaran                  :   IPA
Semester                               :   1 (satu)
Standar Kompetensi : 4. Memahami kegunaan bahan kimia dalam kehidupan


Kompetensi
Dasar
Materi
Pokok/
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi
Waktu
Sumber
Belajar
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
4.1Mencari informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia dalam kehidupan sehari-hari

Kimia Rumah Tangga
·   Mendata bahan kimia alami pada kemasan produk kebutuhan rumah tangga dan mengklasifikasikannya sesuai dengan kegunaannya
·   Studi pustaka untuk mendapatkan informasi tentang bahan-bahan kimia yang berguna dalam produk kebutuhan rumah tangga
·   Mencari informasi melalui referensi/nara sumber tentang efek samping bahan kimia yang terdapat pada produk kebutuhan rumah tangga
·      Menyebutkan bahan-bahan kimia yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

·      Menjelaskan efek samping bahan kimia yang terdapat dalam produk kebutuhan rumah tangga
Tes tulis




Tes tulis
Tes uraian




Tes isian
Sebutkan bahan kimia yang sering digunakan dalam pembuatan makanan dan minuman !

Efek samping bahan pemutih pakaian menyebabkan ....

2 x 40’
Buku siswa, referensi, kemasan suatu produk
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
4.2 Mengkom-unikasi-kan informasi tentang kegunaan dan efek samping bahan kimia 

Kegunaan dan efek samping bahan kimia
·   Studi pustaka efek samping bahan kimia
·   Menelaah kemasan suatu produk untuk mendapatkan informasi tentang efek samping bahan kimia yang digunakannya
·        Mengidentifikasi fungsi bahan kimia yang terdapat dalam makanan
·        Mengidentifikasi efek samping bahan kimia yang terdapat dalam suatu produk


Tes tulis


Tes unjuk kerja
Tes PG


Tes identifikasi




Tentukan efek samping bahan kimia yang terdapat pada kemasan makanan berikut ini!
2 x 40’
Buku siswa, referensi, kemasan suatu produk
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
4..3 Mendeskri-psikan bahan kimia alami dan bahan kimia buatan dalam kemasan yang terdapat dalam bahan makanan
Bahan kimia alami dan buatan
·   Mencari informasi melalui referensi tentang bahan kimia alami dan bahan kimia buatan
·   Mendata berbagai jenis makanan yang menggunakan bahan kimia alami
·    Mendata berbagai jenis makanan yang menggunakan bahan kimia buatan

·        Menjelaskan bahan-bahan kimia alami dan bahan-bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna, pemanis, pengawet dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan kemasan




·        Menunjukkan contoh makanan yang menggunakan bahan kimia alami dan buatan
Tes tulis










Penugasan
Uraian










Tugas rumah
Jelaskan bahan-bahan kimia alami dan bahan-bahan kimia buatan yang dapat digunakan sebagai bahan pewarna, pemanis, pengawet dan penyedap yang terdapat dalam bahan makanan kemasan!

Kumpulkan kemasan makanan yang mencantumkan komponen penyusunnya. Buat laporan tentang bahan kimia alami dan buatan yang ada pada makanan tersebut!

4 x 40’
Buku siswa, referensi
v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
4.4 Mendeskri-psikan sifat/pengaruh zat adiktif dan psikotropika
Zat adiktif dan psikotropika
·   Studi pustaka tentang pengertian zat adiktif dan psikotropika
·   Mendata contoh zat adiktif
·   Mendata contoh zat psikotropika
·   Mencari informasi dari nara sumber tentang dampak negatif penggunaan zat adiktif dan psikotropika

·      Menjelaskan pengertian zat adiktif dan psikotropika


·      Menjelaskan dampak negatif zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika bagi kesehatan, ekonomi, dan sosial. 

Tes tulis




Tes tulis
Tes uraian




Tes uraian
Apa yang dimaksud dengan :
a. Zat adiktif
b. Zat psikotropika

Jelaskan dampak negatif rokok dan minuman keras bagi kesehatan manusia !
2 x 40’

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
4.5 Menghinda-rkan diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika
Cara menghindari diri dari pengaruh zat akditif dan psikotropika
·   Mencari informasi dari nara sumber tentang cara menghindari diri dari pengaruh zat adiktif dan psikotropika
·      Menjelaskan cara menghindarkan diri dari zat adiktif (rokok dan minuman keras) dan psikotropika.
·      Mendata zat adiktif dan  psikotropika yang digunakan di bidang kesehatan
·       
Tes tulis



Penugasan
Tes uraian



Tugas rumah
Bagaimanakah cara kita terhindar dari zat adiktif dan psikotropika? Jelaskan

Buatlah data  tentang zat-zat adiktif dan psikotropika yang digunakan dalam bidang kesehatan
2 x 40’

v  Karakter siswa yang diharapkan :        Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)


Mengetahui,
Kepala Sekolah ..................



( …………………………………. )
NIP/NIK : .....................................

……………, ………………  20 ….
Guru Mapel  Ilmu Pengetahuan Alam



( …………………………………. )
NIP/NIK : .....................................